Tuesday, August 7, 2012

Bahagia itu kita yang Buat, Bukan mereka

Apa yang membuat orang bahagia? Rasa penasaran itu, mengantar saya ke banyak buku tentang kebahagiaan, sebuah buku mengatakan bahwa bahagia itu berasal dari kondisi tenang, buku lain mengatakan ketika berolahraga, dan begitu banyak cara lainnya.

Sampai akhirnya saya sampai pada suatu kesimpulan tentang kebahagiaan:

Bahagia itu kita yang buat, bukan mereka. Bukan yang terjadi di luar sana, yang membuat kita bahagia, tapi di dalam hati kita.

Seperti sebuah kutipan yang mengatakan,”rasa sedih muncul, ketika kita mengijinkan diri kita untuk sedih.” Dan saya percaya, bahagia juga muncul, ketika kita mengijinkan kita untuk bahagia.

Itu semua dilandasi oleh aturan atau syarat dalam diri kita, tentang apa yang membuat kita bahagia.. Apa maksudnya?

Ada orang yang membuat aturan dalam diri, “jika sudah memiliki mobil Alphard, dia baru akan bahagia.” Itu membuat dia susah untuk bahagia, apalagi kalau saat ini dia hanya punya motor Vega R. hehehe.

Tapi ada juga orang yang memiliki syarat bahagia, “ketika bangun pagi, dan bisa bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan untuk dirinya, dia bahagia.” Pasti orang kedua, lebih mudah bahagia.

Nah, sekarang apa syarat syarat dalam diri Anda untuk berbahagia? Sudahkah Anda secara sadar, membuat aturan / syarat dalam diri Anda, untuk bahagia? :)

===

Saya juga belajar, dari sebuah buku Life Coaching, salah satu cara untuk bahagia adalah dengan mengingat dan menulis pengalaman masa lalu, kapan kita merasa enjoy dan nikmat sekali, tentunya dalam hal positif ya.

Sehingga kita bisa mengulang melakukan hal yang sama, maupun melakukan kegiatan yang mirip, untuk merasakan kebahagiaan itu lagi.

Misalnya ketika saya mulai mengingat” dan menulis, apa sih yang membuat saya bahagia, begitu banyak list. Dari main basket, berjuang mencapai impian, memberikan training, bekerja sambil dengerin musik, bercanda, sharing, menulis, belajar suatu hal baru tentang self development, dan masih banyak lagi.

That’s all cara cara saya untuk bahagia. Sederhana, bisa dipenuhi, dan positif. Dan yang terpenting, saya sadar, begitu mudahnya saya untuk merasa bahagia. :)

Sekarang giliran Anda, coba ingat" pengalaman masa lalu, yang membuat Anda merasa bahagia dan enjoy banget? Mulai ditulis, dan Anda bisa mulai melakukannya.

Mungkin saat ini Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, hingga lupa menikmati hidup, dan melakukan apa yang kita cintai. :)

Enjoy the Life!

Semoga sharing sederhana ini bermanfaat, Salam DAHSYAT!

Follow  : @AndreasBordes
Visit      : www.MotivasiDahsyat.com