Saturday, September 7, 2013

Blank ketika menjadi Pembicara

Gue pernah nge blank ketika seminar. Itu malu maluin banget. Tapi seiring berjalannya waktu, gue dapet cara mencegah hal tersebut. Kunci nya adalah:

Gue harus nulis script! Dulu gue cuma nulis poin poin penting nya aja, itu membuat gue tidak terlatih untuk menceritakan bagian bagian lain dengan lebih detil.

Ini beberapa script yang gue tulis:

Kadang, saking bagus tulisannya, gue sering bingung sendiri bacanya.. -__-

Setelah script selesai, gue nge tes materi seminar gue ke beberapa temen. Prinsipnya, lebih baik gue garing di hadapan satu orang, dibanding di hadapan ratusan orang.

Dulu gue pernah ngasih joke, dari ratusan orang yang datang, hanya gue yang ketawa.. Itu rasa nya kayak harlem shake sendirian, pas lagi upacara bendera.. Malu malu in..

Akhirnya, dengan teknik sederhana tersebut, saya berhasil menjadi pembicara, dalam 2 event yang berlangsung beberapa minggu lalu:

Seminar Creative Writing di Universitas Ciputra

Menjadi Keynote Speaker dalam acara Marketers Club Surabaya
Melihat schedule gue ke depan, sepertinya gue harus mengurangi jadwal Public Seminar hingga November, karena jadwal kuliah gue seperti berteriak teriak, “perhatiin gue doong!!” Pertengahan September udah mau UTS juga sih.

Tapi kalau mau mengundang in house training, bisa hubungi: 085752086778 (promosi yak :p) hehehe

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes

No comments:

Post a Comment