Saturday, July 6, 2013

Surat Perjanjian

Surat perjanjian itu ga penting. Itu keyakinan gue dulu, sampai terjadi suatu tragedi..

Gue ga ceritain masalahnya detil. Intinya, proyek novel yang pernah gue rencanain di awal tahun. Terpaksa berhenti di tengah jalan…

Memang gue ga rugi duit. Tapi gue rugi waktu dan tenaga. Gue sampai begadang buat ngerjain novel itu.

Dan sekarang novel itu berhenti begitu saja. Kenapa kok bisa seperti itu? Karena tidak ada perjanjian yang jelas di awal. Sampai akhirnya ada konflik, dan kita berdua ga ada perjanjian hitam di atas putih..

Sebenernya ada dua buku gue yang terjadi seperti ini, tapi ya sudahlah.. Mungkin kalo gue buat surat perjanjian, gue udah punya beberapa buku. :)

Tapi mungkin ini jalan dari Tuhan. Jujur, di buku kerja sama gue, gue ngerasa kurang “personal”, rasanya ga gue banget. Beda dengan buku "Rahasia menjadi Pribadi Dahsyat", yang personal banget, semua knowledge & experience gue, gue tumpahin semua di sana.. 

Mungkin Tuhan, pengen gue bikin karya yang personal. :) dan sekarang gue lagi nulis novel, dan novel nya personal banget. Soalnya gue rasain sendiri manis – pahit nya. :) Tungguin infonya di blog ini yak. (malah promosi :p)

Pelajaran dari kejadian gue ini simpel, kalau mau kerja sama bisnis ataupun sesuatu yang penting, usahakan pakai surat perjanjian, dan ada materainya. Sehingga ada kekuatan hukum yang kuat.

Tujuannya bukan mengekang, tetapi memastikan kedua belah pihak akan berjalan di jalan yang tepat.

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes

No comments:

Post a Comment