Friday, February 7, 2014

Untung 50 juta dari Property (Part 1/3)

Minggu pertama tinggal di rumah, cukup menantang. Salah satunya, mesin cuci gue yang ga mau muter, akhirnya gue nyuci manual. Mungkin abis gini, gue mau laundry aja deh daripada ribet. Hehehe. (Yang mau masuk ke rumah gue, klik di sini)

Meskipun begitu, gue menikmati proses ini. Rasanya kayak main game, setiap berhasil ngelewatin tantangan yang ada, gue naik level.

Dan kali ini, gue mau menepati janji gue, untuk sharing gimana gue beli rumah dan untung lebih dari 50 juta rupiah. Semoga bisa bermanfat untuk temen temen yang nanti mau beli rumah. Are you ready? Let’s Go! 

==

Dari dulu, gue pengen banget bisnis di property. Gue pernah jadi agen, tapi gue kurang enjoy, karena harus aktif wara wiri mencari rumah yang dijual. Sedangkan gue, juga sibuk kuliah, dan memberikan training. Sepertinya gue lebih cocok menjadi investor.

Gue pun mulai baca buku property, salah satunya buku ini:
Bukunya udah ada di Gramedia :D
Beliau mengajarkan, ketika kita ingin mendapatkan property terbaik, kita harus memiliki prinsip 100:10:1  Kita harus memiliki list 100 rumah yang dijual, seleksi menjadi 10 terbaik, dan akhirnya deal 1 rumah.

Gue langsung praktek, gue mencari rumah yang dijual melalui koran, kan banyak tuh di bagian iklan. Selain itu, gue juga pergi ke pameran property di Gramedia Expo. Di sana, gue melihat ratusan rumah yang dijual, dengan berbagai harga, tipe, dan lokasi. Saking semangat nya, pulang pulang gue bawa setumpuk brosur...

Setelah dapat banyak pilihan dari koran dan pameran, gue mulai menyeleksi berbagai property yang kira kira cocok dengan kriteria gue.

Ada yang harga nya cocok, tapi property nya amburadul. Ada yang property nya oke, tapi budget gue belum cukup.

Sampai akhirnya ada seorang agen yang menunjukkan sebuah rumah minimalis, agen tersebut menyampaikan dengan detil mengapa rumah itu dijual. Gue mendadak bisa membaca sebuah peluang di situ, gue ngerasa bisa untung besar kalau deal dengan rumah tersebut.

Gue memutuskan, membuat janji bertemu dengan pemilik rumah. Gue pengen lihat kondisi rumah tersebut, dan meng-interview pemilik rumah, mengapa rumah itu dijual.

Mau tau bagaimana gue ketemu pemilik rumah & bernegosiasi? Tetep baca terus blog ini ya. Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes

No comments:

Post a Comment