Friday, March 23, 2012

Gagal = Belajar

Dari kemarin bahasnya kesuksesan mulu ya, sekarang sharing tentang kegagalan yuk? Karena di balik kegagalan, pasti ada kesuksesan, right? :)

Dan saya percaya bahwa, “Tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau belajar.” Seperti kata @TungDW

===

Jadi begini, beberapa minggu lalu, saya ingin memberikan seminar "Unlimited Success", untuk 500 siswa siswi SMA di Surabaya.

Saya pun bertindak untuk mewujudkannya, karena kalau tidak bertindak, ya tidak mendapat hasil apa apa. Bermimpi boleh, tapi abis itu bangun, jangan tidur lagi. :)

Pertama, saya menjalin kerja sama dengan Universitas Ciputra, untuk menyediakan auditorium sebagai tempat seminar. Puji Tuhan, saya berhasil, dengan sistem barter.

Langkah selanjutnya, saya menyebarkan proposal ke sekolah sekolah. Saya masih ingat, saya panas panas naik motor vega R, sambil membawa peta, untuk mencari sekolah sekolah yang akan saya berikan proposal seminar.

Dua minggu berselang, saya follow up, dan hasilnya… Banyak sekolah yang tidak bisa mngikuti seminar saya. Karena seminar saya, waktunya kurang tepat jika diadakan tanggal 16 April.

Perhitungan saya salah, menurut saya dan beberapa staff kampus, tangal segitu tepat, ketika kelas 12 UN, kelas 10 & 11 nya bisa mengikuti seminar saya. Tapi ternyata, pemikiran kami, berbeda dengan pemikiran sekolah sekolah.

===

Tapi saya bersyukur, dari kegagalan tersebut, saya belajar, jika mau mengadakan seminar untuk sekolah, adakan ketika semester 1, jangan semester 2 ketika akan UN. Karena sekolah sekolah, pasti sudah sibuk. Timing adalah faktor yang penting. :)

Sekarang saatnya fokus seminar saya bulan depan. Di bulan Mei, saya akan sharing tentang “How to Borrowing Brilliance’ di ulang tahun Psikologi. Dan fokus ngembangin toko Basketball Breakthrough dan 'Brussel Waffle'. :)

Terima kasih Tuhan atas kegagalan ini, ini semakin mndekatkan saya pada kesuksesan.

===

Mengutip kata kata dari Sichiro Honda, Success represents the 1% of your work which results from the 99% that is called failure. Sukses itu 99% kegagalan.

Ternyata orang sukses, harus melewati jalan yang bernama kegagalan dulu, baru deh sampai di tempat yang bernama kesuksesan.

Jadi, jika menerima kegagalan, belajar dari kegagalan tersebut, dan bersyukur Anda semakin dekat dengan kesuksesan.

Ingin mengundang saya? Bisa download proposalnya di sini.
Twitter: @AndreasBordes
Website: www.motivasidahsyat.com

No comments:

Post a Comment