Friday, March 19, 2010

Bad habit-good habit

STRES!
Kenapa bro?

Gue tadi kalah main “football manager”. Ga logis banged ya, stres gara” main game. Padahal tujuan kita main game kan biar seneng. Kalo bikin stres, ngapain dimainin terus? Apalagi kalo sampe rela begadang di warnet segala. Itu namanya game dah bukan jadi penghilang stres, tapi jadi jalan hidup.

Banyak banged temen gue yang addict parah sama yang namanya game. Salah satunya temen gue ber-inisial “I”, gue sekelas ma dia kelas 3 SMP dulu. Dia main di warnet sampe bolos sekolah, sampe terlambat tampel segala. Cuma satu yang dia ingat, makan.

Pernah suatu saat, kami (baca: anak” sok peduli teman) datengin ke rumahnya pas dia ga masuk sekolah. Kami kira dia sakit, eeh ternyata ga ada di rumah, masa’ sih orang sakit jalan” naik motor? Pas gue mau beli nasi padang, gue liat deh motor biru rompal-nya di warnet. Ya ampun.. Mungkin bentar lagi dia mau jual motor deh buat main game sampe puas.

Itulah yang dinamakan addict, emosinya dah dikuasai sama game. Kalo emosinya dah dikuasai, logika pun kalah, karena kita 80% dikendalikan oleh emosi. Dan kalo lama” dibiarin, bakal jadi habit.

Coba deh, kamu bangun pagi langsung ngupil, lakuin itu terus, lama” kamu terbiasa sama ritual itu. Sampe pada akhirnya pas kamu dah nikah, istrimu bingung, “sayang, jijik banged sih bangun pagi ngupil terus! Coba deh liat aku, bangun pagi langsung ke kamar sebelah…”

Dan si suami nanya,”ngapain ke kamar sebelah sayang?”

Sang istri jawab,”ya ngupil juga, biar ga ketauan sayang gitu. Yaudah yuk sayang kita upil upilan.” (jeddiiiaaarr)

===

Habit susah banged di ganti, ibarat roket yang mau meluncur, roket itu mesti ngeluarin tenaga penuh buat ngelawan gravitasi (habit lama), dan sampe pada suatu titik tuh roket bisa melayang”, tanpa ditarik gravitasi lagi.

Menurut buku yang gue baca, cara ngilangin bad habit adalah dengan ngelakuin habit penggantinya selama 28 hari. Dan mesti KONSISTEN. Susah si susah, tapi kalo ada kemauan, pasti ada jalan kok. 

2 comments:

  1. des "I" sapa? anaknya pak koco?
    wkakaka

    follow blog ku des, ntar ku follow balik

    ReplyDelete
  2. bukan, iza. ga sekelas aku. ntar qkasi tau, jangan disini. okok. hha.

    ReplyDelete