Sunday, November 27, 2011

Moderator Lomba Debat UC

Hari Jumat kemarin, saya mendapat kepercayaan menjadi moderator lomba debat UC dari babak 24 besar hingga semifinal. Itu menyenangkan sekali!

Apakah moderator itu? Moderator adalah, orang yang mengatur jalannya lomba debat. Seperti wasit yang memimpin pertandingan sepak bola.

Seru banget melihat temen temen dari seluruh SMA di jawa Timur berdebat dengan pendapat pendapatnya. Mereka bersemangat sekali, sampai sampai, waktu yang saya berikan untuk mengungkapkan pendapat, terkadang tidak cukup. Padahal masih banyak yang mau diungkapkan.

Kalau hal itu terjadi, saya hanya bisa berkata, “ya terima kasih, silahkan kelompok selanjutnya.” Sedikit ngerasa tidak enak sama dia, mungkin karena dari kecil, saya diajarkan untuk tidak memotong omongan orang lain. Tapi untuk lomba debat ini, terpaksa saya memotong omongan beberapa orang. Tapi ya ini kan emang aturannya. :)

Tapi saya kagum dengan kemampuan mereka dalam berdebat, ucapannya tegas, body language nya bagus, dan yang dibicarakan berbobot. Saya juga kagum, dengan tim yang sedang dalam posisi tersudut, bisa membalikkan keadaan, dan membuat lawan speechless. Wow.

Terakhir, yang membuatku kagum adalah, ketika mereka di dalam ruangan kelas berdebat dengan sengit, sampai terkadang ada yang sampai menunjuk lawannya, tapi tau apa yang terjadi di luar ruangan? Eehhh malah ngegosip semua. Jadi akur gitu. Hehehe. Mereka semua sportif. Itu yang saya suka. :)

Tapi sayangnya, saya tidak hadir di final lomba debat hari Sabtu, karena jujur saya capek sekali, karena hari Jumat, setelah selesai lomba debat untuk babak 24 besar, hingga semifinal, saya dan beberapa panitia, mempersiapkan segala halnya di PTC hingga jam setengah 3 pagi, dan karena itu, mata saya, jadi mata panda.

Dan jam 9 paginya, saya harus menghadiri seminar saham dari jam 9-6 sore. Maaf ya teman teman panitia, saya tidak bisa datang.

Tapi itu semua, pengalaman berharga untuk saya. Dan saya seneng, bisa deket dan belajar banyak dari kakak kakak senior. :)

Oia, beberapa hari sebelumnya, ini ada prestasi dari fakultas psikologi UC, dalam lomba debat di Unair:


Ayo temen temen masuk psikologi UC yuk. hehehe. :p

Semoga bermanfaat! Salam dahsyat!

Twitter: @AndreasBordes
Website: www.motivasidahsyat.com

No comments:

Post a Comment