Saya pernah. Mungkin karena saya terlalu individualis.
Mengerjakan hampir semuanya sendiri. (terutama bisnis)
Sampai hal kecil, seperti fotokopi, saya kerjakan sendiri.
Kadang karena mengerjakan hal kecil, sampai kehabisan waktu untuk mengerjakan
hal hal besar yang lebih penting.
Ini seperti main basket, dan hanya mau main sendiri..
Padahal kalau kita mendelegasikan perkerjaan kita, kita bisa jauh lebih produktif. Tapi sayangnya kebanyakan orang tidak melakukan itu. Why?
Padahal kalau kita mendelegasikan perkerjaan kita, kita bisa jauh lebih produktif. Tapi sayangnya kebanyakan orang tidak melakukan itu. Why?
Salah satu nya karena kurang nya kepercayaan kita terhadap
orang lain. Kadang kita berpikir,”Aduh, kalau kita delegasikan hal ini, apa dia
bisa mengerjakan dengan baik?”
Ujung ujungnya, kita mengerjakan sendiri.
Mungkin itu yang menyebabkan saya belum memiliki tim tetap.
Kebanyakan orang yang bantu bisnis saya (Bordes Success System), adalah outsource (tenaga luar). Yang akan saya bayar ketika
pekerjaannya sudah selesai. Setelah itu ya, hilang..
Tapi pertanyaannya, sampai kapan mau seperti ini terus?
Dulu ketika perusahaan ini masih ‘bayi’, saya sanggup
ngurusin semuanya sendiri. Tapi sekarang sudah semakin besar, sudah banyak yang harus dihandle, dua tangan tidak lagi cukup.
Saya harus berubah, dan saya memiliki tiga strategi, untuk merekrut tim:
Strategi pertama: Saya mulai akan melihat orang orang
terbaik di sekeliling saya, dan mengajaknya bergabung.
Strategi kedua : Saya akan membuat iklan, untuk bergabung
dalam Bordes Success System. Terutama dalam bidang operasional, marketing,
& asisten saya.
Strategi ketiga : Minta referensi dari orang lain.
Oia, anyway, bagaimana dengan Anda, sudahkah Anda membuat
tim untuk perusahaan Anda? Masihkah Anda mengerjakan semuanya sendiri, seperti saya? Yuk berubah pelan pelan. :)