Thursday, October 4, 2012

Cara Sederhana mewujudkan Impian

Dulu saya sering mengeluh, karena belum bisa mencapai impian. Tidak jarang hingga frustasi.

Sampai akhirnya saya menemukan sebuah buku, dari Erni Julia Kok, yang berjudul "Mental Pemenang, Mental Pecundang."

Buku tersebut menjelaskan, bahwa impian besar bisa dicapai, jika kita membaginya menjadi goal" kecil, dan mudah dicapai.

Contohnya, ketika seseorang ingin mendapat nilai bagus di sekolah, apakah bisa hanya dengan belajar dengan sistem kebut semalam?

Jawabannya bisa, tapi sangat susah.

Tapi bagaimana jika belajarnya dicicil, misalnya ujiannya satu bulan lagi, dan ada dua bab yang diujikan. Dan orang tersebut membaginya seperti ini:

Minggu pertama: Menguasai bab 1.
Minggu kedua: Menguasai bab 2.
Minggu ketiga: Review.
Minggu keempat: Ujian.

Pasti akan lebih mudah mendapatkan nilai bagus.

Bahkan saya membuat goal goal kecil, untuk menjadi pemain basket handal, contohnya seperti ini:

Minggu pertama : fokus latihan shooting & dribble.
Minggu kedua    : fokus latihan defense & fisik.
dst, hingga akhirnya saya siap bertanding.

Dan teknik sederhana ini, telah membantu saya mewujudkan dua impian saya:

Menerbitkan buku.

Diusulkan memecahkan rekor MURI pada tanggal 27. (Amiin)

Yuk mulai sekarang, potong kecil” impian besar kita, menjadi goal" sederhana, sehingga kita lebih mudah mencapainya. Saya jadi teringat sebuah kutipan,

"Impian boleh saja tidak masuk akal. Yang penting rencana tindakannya masuk akal."


Demikian sharing dari saya. Semoga Bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me@AndreasBordes
Visitwww.MotivasiDahsyat.com