Friday, October 12, 2012

Mau Nyelem, malah Hampir Tenggelem


Hari Sabtu kemarin, saya hampir tenggelam, ketika latihan nyelam.

Sebelum nyelam, saya dijelaskan dulu oleh instruktur, mengenai peralatan selam. Dari (semacam) jaket yang dipakai buat selam, hingga tabungnya. Saya pikir, berat tabungnya sekitar 3 sampai 4 kilo, ternyata 27 kilo. -,-“

Setelah dijelaskan, saya ikut pemanasan bersama teman teman club selam, widiih rasanya udah kayak professional ya. Padahal baru pertama kali, dan belum tau apa apa. :D

Sebelum belajar nyelam, saya belajar Snorkling dulu, agar terbiasa. Snorkling itu seperti ini,


Tapi saya ga gandengan tangan ya.

Kita bisa lihat ke bawah air, dan tetap terus bernafas, seruu. Tapi sayangnya, bukannya melihat keindahan bawah air, justru melihat betapa keruh airnya. -,-“

Setelah lulus snorkeling, saya akan latihan nyelam. Saya mula memakai peralatan selam, dari pemberat, jaket, hingga tabungnya. Khusus tabung, saya dibantu pemakaiannya. Karena tidak kuat angkat.

Selanjutnya saya ditawari mengenai cara masuk dalam air, mau pakai teknik giant step, atau ngguling ke belakang. Saya memutuskan pakai giant step, takutnya kalau pakai teknik guling ke belakang, saya nya malah ngambang. -,-“

Teknik ngguling ke belakang:



Teknik Giant Step:

Sang instruktur memberi contoh melakukan giant step dengan sempurna.. Setelah itu, tibalah giliran saya…

Saya berdiri di pinggir kolam, saya visualisasi, dan tarik nafas panjang, agar tenang. Saya melihat ke sekitar saya, dan hampir semua orang melihat saya, mungkin mereka berpikir, “Ini orang ngapain, di kolam renang kok pakai tabung oksigen. Alay.” Ya emang agak aneh sih, di kolam renang pakai peralatan selam. -,-“

Saya pun mulai melangkahkan kaki, dan BYUURRR. Saya masuk air… Dan satu kesalahan saya ketika masuk dalam air adalah saya panik, dan lupa harus ngapain. Lupa cara bernafas pakai tabungnya gimana, harus pencet apa agar jaketnya bisa gembung, ditambah air yang masuk dari kaca mata saya, karena kurang rapat… akhirnya saya memutuskan kasih aba aba, minta tolong… Untung aja instruktur nya sigap, dan segera membawa saya ke pinggir kolam. Yaiyalah, masa’ malah dibawa ke tengah?

Akhirnya saya memutuskan ga pake giant step atau teknik lainnya untuk masuk air. Saya memutuskan turunnya lewat tangga aja nanti, biasa aja daah. Hehehe.

Akhirnya dengan teknik itu, saya berhasil, dan kami latihan menyesuaikan diri dalam air. Dan Puji Tuhan, saya mulai bisa menyesuaikan diri bernafas dengan tabung oksigen. Walaupun saya ada sedikit asma, tapi yaudahlah, show must go on. Right?

Walaupun hampir tenggelem, tetep gaya nomer 1. -,-"

Anyway, sebenernya saya mau ngapain sih aneh aneh pake nyelem segala?

Tunggu di postingan selanjutnya yaa, di andreasbordes.blogspot.com

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me@AndreasBordes
Visitwww.MotivasiDahsyat.com


Nb: Perhatian, menyelam di bawah panas yang terik di Surabaya, adalah kombinasi yang tepat membuat Anda menjadi lebih gelap.