Wednesday, January 23, 2013

Kunci Sukses Bisnis : Kerja Sama

Bayi pasti butuh bantuan orang lain. Seperti meminta susu, meminta makan, bahkan hingga dimandiin.

Tapi semakin besar, kita semakin diberikan pengertian, bahwa kita harus mandiri. Dan memang benar, kita harus bisa makan sendiri, belajar suatu pelajaran sendiri, hingga mencari uang sendiri.

Tapi kebanyakan orang, saking idealisnya, mereka membuat bisnis tanpa bantuan orang lain. Misalnya seseorang yang membuka bisnis makanan, ia bekerja sebagai koki, merangkap sebagai pembersih lantai, sebagai kasir, dan semuanya..

Akhirnya bisnisnya bangkrut dan tutup, karena dia tidak sanggup mengerjakan semuanya sendiri.. Memang kita harus mandiri, tapi bukan berarti di setiap sudut kehidupan, kita lakukan semuanya sendiri..

Karena esensi dasar manusia, manusia adalah makhluk sosial, yang pasti membutuhkan orang lain.

Di dalam bisnis, kita pasti membutuhkan orang lain. Tidak mungkin kita bekerja sendiri. Misalnya saja KFC, pasti ada kerja sama dari sebuah tim, ada kasir, ada koki, ada pembersih lantai, bahkan ada petugas delivery nya. 
Kerja sama kunci sukses dalam bisnis.

===

Dan itu yang saya lakukan, ketika saya mengerjakan sebuah proyek seminar. Saya tidak begitu mengerti tentang desain. Kalau sudah masuk adobe photoshop, corel draw, saya angkat tangan. Karena saya cuma bisa pakai paint..

Akhirnya saya mengajak kerja sama dengan sebuah percetakan baru di Bontang, yang bernama Ink Original.

Definisi kerja sama, menurut saya adalah, pertukaran nilai tambah, dimana saling menguntungkan satu sama lain.

Akhirnya terjalin kerja sama, dimana Ink Original membantu saya untuk mendesain dan mencetak. Dan saya membantu Ink Original, dalam hal promosi. Saya memasang logo Ink Original di beberapa Audio Motivasi saya, di poster, bahkan saya promosikan di twitter saya dan blog ini.

(Iklan dikit yak :p)

Saya rekomendasikan Ink Original, bagi temen temen di Bontang yang ingin mencetak poster, x banner, baliho, dan sebagainya. Pelayanannya cepat, ramah, dan tempatnya nyaman pula. :)

Alamatnya di Jl Pupuk Raya Rt 027 No 9. Samping Zamma*** . Di daerah jalan tembus dekat jalan manggis. (yang tau pasti orang Bontang aja nih) hehehe. :)

Di postingan selanjutnya, mungkin saya akan sharing tentang nilai tambah, agar orang lain mau kita ajak kerja sama. Bahkan, membuat orang lain antri ingin bekerja sama dengan kita. :)

Demikian sharing dari saya, semoga menginspirasi dan bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes

Nb: Tidak ada orang sukses sendirian. :)