Tuesday, February 19, 2013

Tips memilih Bisnis untuk Kita

Saya mau sharing tentang pembelajaran Entrepreneurship 4 (week 2), di Universitas Ciputra. Semoga bermanfaat. :)

Hari ini, saya tidak masuk kuliah. Karena saya berada di Singapura. Saya mempelajari bab ini, dari slide yang diberikan, serta bertanya dari teman.

Yang pertama, saya belajar mengenai “Business You Model”. Temen temen bisa belajar dari buku ini:


Sebelum mengetahui bisnis yang cocok dengan kita, kita harus mengenal diri sendiri dulu. Kita harus menemukan titik temu antara interest (kesukaan), skill (kemampuan), dan personality (kepribadian).

Untuk kesukaan, kita bisa mengetahuinya, dengan bertanya pertanyaan berikut:
Kegiatan apa yang paling saya cintai?
Kegiatan apa yang membuat saya “lupa waktu” saking menikmatinya?
Kegiatan apa yang menyenangkan bagi saya?
Kegiatan apa yang mskipun saya tidak dibayar, saya tetap mau melakukannya?

Untuk kemampuan, kita bisa mengingat, hal apa yang paling kita kuasai ya? Misalnya jago memperbaiki mobil, jago akutansi, jago public speaking, atau jago memasak?

Selanjutnya adalah kepribadian kita, apakah kita lebih menyukai bekerja di “lapangan” (ekstrovert) atau lebih menyukai bekerja di meja (introvert)? Dsb..

Misalnya saya suka tentang self development. Lalu, saya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Untuk kepribadian, saya 70% introvert, 30% ekstrovert. Meskipun tergolong introvert, saya bisa merubah diri saya menjadi ekstrovert. :)

Setelah paham, akhirnya saya membangun bisnis Bordes Success System. Yang bergerak di bidang self development. Saya sudah berbicara di hadapan hampir ribuan orang, menulis buku Rahasia menjadi Pribadi Dahsyat (untuk pemesanan buku, bisa sms ke 085752086778), meraih rekor MURI “Launching Buku di dalam Air Pertama di Indonesia” dan masih banyak lagi..

Kalau saya membangun bisnis lain, mungkin belum tentu bisa seperti ini. Jadi mulai bisnis dari apa yang kita cintai.

===

Selanjutnya, dosen menjelaskan prinsip efektuasi:

Prinsip efektuasi adalah prinsip prinsip untuk Entrepreneur dalam memulai bisnis. Berikut prinsipnya:

1. Bird in Hand Principle : Mulai dari apa yang kita miliki.
2. Affordable Loss Principle: Pikirkan, sampai di titik mana, kita sanggup menanggung kerugian.
3. Lemonade Principle : Ubah tantangan yang ada, menjadi peluang.
4. Crazy Quite Principle: Cari, kerja sama, dan dapatkan komitmen dari pihak lain.
5. Pilot in the Plane: Berfokus pada apa yang bisa dikontrol, dan bertanggung jawab dengan apa yang ada.

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes

Nb: Untuk lebih memahami diri sendiri, mahasiswa juga diminta untuk menuliskan siapa diri mereka, apa yang mereka tahu, siapa saja yang mereka kenal. Dan siapa idola mereka.