Tuesday, March 5, 2013

Business Model You

Saya mau sharing tentang pembelajaran Entrepreneurship 4 (week 4), di Universitas Ciputra. Semoga bermanfaat. :)

Minggu lalu, saya belajar tentang Business Model You, yang sudah saya tulis sebelumnya, di sini.


Business Model You merupakan bisnis yang berdasarkan passion kita. Apa yang ingin kita lakukan di dunia ini, dan ingin berkontribusi seperti apa.

Dari Business Model Canvas yang saya buat, terlihat saya menyukai hal hal tentang self development, dan saya suka sharing. Mungkin karena kecintaan itu, blog ini ada. Saya juga telah menulis sebuah buku “Rahasia menjadi Pribadi Dahsyat”. Bisa didapatkan di Gramedia terdekat. :)

Itu juga mungkin salah satu alasan, mengapa bisnis saya sebelumnya bangkrut (bisnis wafel). Mungkin karena tim kami tidak ada yang passion di bidang tersebut.

Saat ini, kami akan membangun bisnis potong rambut Freezy, kami sebenarnya tidak memiliki passion di bidang ini. Walaupun bisnis ini, memiliki konsep yang lebih matang.

Tapi..

Tapi..

Tapi..

Ah, begitu banyak hal yang masih kami pertimbangkan. Apakah stay di bisnis ini, atau mengganti bisnis lain, atau justru kami lebih baik membangun bisnis kami sendiri sendiri.. 

Besok coba kami diskusikan dengan fasilitator kami. Semoga bisa mendapat jalan yang terbaik.

Bisnis tidak akan pernah mulus, selalu ada lika liku. Tapi di situlah tantangannya. Tantangan bukan melemahkan kita, tapi menguatkan kita.

Follow me on twitter@AndreasBordes