Saturday, May 18, 2013

Terjadi secara Alami

Dulu gue adalah orang yang grusa grusu, kalau gue pengen sesuatu, gue bakal berjuang sampe mati buat dapet.

Tapi konyolnya, kadang gue sampai pengen mengontrol hasil akhirnya. Padahal kan, manusia berusaha, Tuhan yang menentukan.

Sampai akhirnya gue baca buku, karangan Joe Vitale yang berjudul Expect Miracle. Dan buku dari Deepak Chopra, yaitu Seven Spiritual Laws of Success

   
Dari buku tersebut, gue belajar tentang hukum alam.. Salah satunya adalah, semua hal di dunia ini, terjadi secara natural, sama seperti tumbuhan yang tumbuh, ombak dilaut, bahkan burung yang bernyanyi di udara. Semua terjadi secara natural, dan harmonis. Kan ga ada tuh burungnya mesti diancam tembak dulu, baru mau nyanyi..

Sama seperti dalam hidup, kadang ketika kita ingin sukses, kita harus belajar untuk membiarkan diri kita tumbuh secara natural.. Seperti alam..


Awalnya gue bingung  dan ragu dengan konsep yang diajarkan. Menurut gue kalau orang mau sukses, ya harus ngotot, semuanya harus dalam kontrol kita. 

Tapi mereka menjelaskan, kita justru harus belajar untuk tidak terikat dengan tujuan itu. Bukan berarti kita santai santai di rumah, berharap ada orang yang ngasih duit…

Tapi ketika kita sudah berusaha maksimal, yang harus kita lakukan adalah percaya alam semesta akan membantu kita. Alam semesta akan mengatur semuanya, dan memberikan yang terbaik untuk kita.

Sebenarnya hal ini udah gue terapin di basket dulu. Setiap basket, kadang gue ga mikir hasil akhir nya seperti apa, gue lebih mikir gimana gue bisa bermain dengan maksimal dan enjoy. Karena gue tau, hasil akhir itu hanya efek samping dari proses. Dari situ justru gue bisa bermain dengan maksimal, dan menjadi juara.. bahkan lolos ke DBL World Camp.. Walaupun ga lolos ke Amrik..

Idola baru gue, Paul George. #GoPacers
Sama juga dulu, ketika gue seminar, ketika gue terlalu ngoyo, malah ga dapet. Ketika berfokus memberikan kontribusi tanpa mikir duit dan lain lainnya, eeh malah diundang ngomong di UC, Trisakti, Probolinggo, Jogja, dll. Aneh tapi nyata..

Dari situ gue belajar, kalau gue udah berusaha maksimal, biar semua terjadi secara natural dan harmonis. Sesuai dengan hukum alam. 

Perlu gue garis bawahi, membiarkan semua nya terjadi dengan natural itu, ketika kita sudah berusaha maksimal. Kalau ga usaha, cuma nunggu doang, sama aja boong. :)

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes