Tuesday, November 17, 2009

Kalo nanem jengkol, ya nuai jengkol juga

Judulnya aneh ya.. Soalnya gue bingung mau ngasih judul apa. Tapi ini ada hubungannya ma gue. Bukan jengkolnya, tapi filosofi di baliknya.

Ya intinya apa aja yang kamu tanem, ya itulah yang bakal kamu tuai. Misalnya kalo nanem apel, ya ntar kamu dapet apel. Kalo nanem kebaikan, ntar nuai kebaikan.

Suatu hari, gue coba terapin prinsip itu beberapa hari ini. Gue coba berbagi kebahagiaan buat orang” sekitar gue. Ini gue cerita bukan gue mau sok” jadi orang baik lo ya, gue orangnya objektif ko. (padahal ga tau artinya objektif tuh apaan).

Contoh gue ngebahagiain orang lain dalem minggu ini ya gue ngasih duit lah ke temen gue pas dia ga bawa duit. Walopun cuman 1000 rupiah.. Padahal pas dia bawa tela-tela dari kantin, yang paling banyak makan itu gue.

Trus yang kedua, gue coba nurut ma nyokap, buat ngurangin basketnya. Dan gue beneran ngurangin basket gue, tiap sore gue belajar fisika, biologi, matematika, kimia, dkk.

Ya minggu kemaren gue ngelakuin hal” kecil kaya gitu tiap harinya... dan mukjizat pun terjadi.

Hal” baik pun mulai terjadi juga ke gue, misalnya gue jadi tau gimana belajar yang efektif, gue jadi gampang nyerap pelajaran, trus gue juga dapet nilai 100 kemarin pas ulangan bahasa Indonesia. Dan yang paling mantep, gue dapet laptopnya nyokap. Tiba” aja nyokap ngasih laptopnya, gue pun kaget, kenapa ko bisa kaya gitu? Ternyata nyokap beli notebook. Dan itu anugerah buat gue.

Dengan laptop itu, gue jadi ga perlu make komputer lelet gue lagi, ga perlu make ”dia” buat ngetik, buat belajar. Bukannya seneng bisa belajar, tapi malah stres belajar di situ.

Ya dengan laptop itu, gue bisa belajar dengan tenteram, bisa main CS ma FM lagi. Wah bahagianya... dan gue bakal sering posting.

Entah kenapa, semuanya berubah setelah gue merubah diri gue. Berubah dari Bordes yang agak pelit, yang jarang banged berbagi, dan suka ngeyel kalo disuruh nyokap.

Ya begitulah hukum tanam-menanamnya. Quote dari gue, tiap hari buatlah kebaikan minimal satuuu aja. Minimal ngasih senyuman deh ke orang lain, secara ga langsung, pas kamu ngasih senyum ke orang lain, orang tersebut akan murah senyum juga ke orang lain, tau” kamu dah bikin 20 orang tersenyum. Itu ngebuat kamu ngerasa,”hidup ini indah banged ya.” Coba deh semingguu aja kaya gitu. Dan lihat apa yang terjadi. (mario teguh mode: on).

2 comments: