Thursday, November 12, 2009

Kang Arfi changes my life

Pasti kalian mikir, ‘Bordes homo ya?’ YAENGGAKLAH. Hehehe.
Kang Arfi tu motivator dari ITB yang kemaren dateng ngasih seminar gitu.

Dari seminar itu, gue jadi tau kesalahan gue dalam belajar tuh apa. Inilah kesalahan gue. Mungkin sama seperti kesalahan kalian ketika belajar..

I’m not learn something with Neo Cortex

Mari saya jelaskan.

Otak kita dibagi jadi 3 bagian, otak Reptil, otak Mamalia, dan otak Neo Cortex. mari kita mengenal mereka.



Otak Reptil (Brain Stem)

Anda akan memakai otak ini ketika dikejar anjing. Ya, otak ini berhubungan dengan insting untuk mempertahankan hidup Intinya otak ini bereaksi secara spontan ketika kita merasa tidak aman, atau was-was. Dan jika otak Reptil kita yang lebih dominan ketika belajar, kita tidak bisa menyerap pelajaran secara optimal.

Dulu gue sering kaya gitu, belajar pas buru”, atau belajar pas mepet ulangan. Dan ternyata gaya belajar seperti itu sangat buruk. That’s very very not effective!!

Otak Mamalia (Limbic Brain)

Kalo otak ini, kaitannya sama perasaan, dan bioritme kita. Bioritme itu misalnya pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, temperatur. (ceile yang mau jadi dokter) hehe. Doain yaa…

Kita ga bisa belajar pake otak Mamalia. Kenapa? Ya berdasarkan pengalaman masing” aja lah, bisa ga anda belajar pas lagi bete ato sedih? Atau bisa ga anda belajar ketika lagi hipertensi atau dehidrasi? Mungkin ada yang bilang bisa, dan itu bener, tapi cuma bisa nyerap informasi se-upil.

Otak Neo Cortex

Nah inilah otak yang harus digunakan ketika belajar. WHY? Karena di otak inilah rumah kecerdasan anda. Tempat di mana anda berpikir jernih, membuat keputusan, menciptakan ide. Dan, anda bisa menyerap pelajaran lebih banyak ketimbang pake otak Reptil atau Mamalia. Otak inilah yang membedakan manusia dengan binatang. Trus, gimana caranya mikir pake otak Neo Cortex?

Otak Neo Cortex bakal aktif ketika kita seneng, soalnya (kalo ga salah), pas kita seneng, tubuh kita menghasilkan hormon endorfin, hormon itulah yang ngeaktifin otak Neo Cortex.

Dan sekarang gue kalo belajar, bener” nyiapin diri.. Kalo masih suntuk, ya main game dulu, kalo capek ya istirahat bentar dulu. Nah, mulai sekarang kalo belajar, jangan sembarang belajar lagi. Oia, abis postingan ini, ntar gue posting sekali lagi tentang strategi belajar.

Semangat! Sumatif makin dekat!

No comments:

Post a Comment