Monday, September 13, 2010

Bikin TUGAS majalah anda, jadi SENSASIONAL!

Pengen dapet nilai bagus buat tugas akhir bahasa Indonesia?

Dalam rangka lebaran (ga nyambung), aku mau share sedikit tentang menulis sebuah artikel (tugas terakhir bahasa Indonesia kelas 12)

Aku mau kasih trik” membuat artikel anda menjadi lebih ’bersinar’. Masa’ dalam jangka waktu yang lama, tulisan kalian hanya jadi tulisan ’ecek-ecek’? Tulisan yang sama dengan anak” lain. Kita harus jadi unggul! Jangan sampai tugas terakhir kita ini dapet nilai jelek.

Oke, here we go: (tulisan ini terinspirasi dari raditya dika, dengan beberapa improvisasi)

1. Judul dan first sentence yang menarik
Contohnya judul tulisan ini: ‘Bikin TUGAS majalah anda, jadi SENSASIONAL!’ Ini akan membuat tulisan anda memiliki daya tarik sendiri. Orang akan bertanya-tanya, ’sensasional? gimana sih? Ah coba ah baca ah.’ Akhirnya mereka membaca dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Dan first sentence gue di atas, ’Pengen dapet nilai bagus buat tugas akhir bahasa Indonesia??’ itu juga membuat orang penasaran. Membuat orang yang bener" pengen berkata", ’MAU MAU, gimana caranya? Tell me now!’

Buatlah judul yang berbeda gitu, jangan hanya ’tips menulis artikel’ atau apa lah. Thats really not interesting opening! Mungkin pembaca dah ngantuk duluan. Kenapa? KARENA MEREKA SAMA SEKALI TIDAK PENASARAN!

2. Buat kalimat singkat, padat, dan jelas!
Jangan bertele”. Misalnya, ’Aku dan Ilham akan bermain basket di sekolah. Di sekolah aku dan Ilham akan berlatih 3 point di sana.’
Bandingkan dengan
’Aku dan Ilham akan bermain basket di sekolah. Kami akan berlatih 3 point.’

Pasti lebih enak, baca yang kedua. So, jangan bertele"! Istilahnya Pak Suradji, 'jangan mbulet ae.'



3. Gunakan kalimat aktif
Daripada kalimat, ’bola basket itu diambil Andre Lanur,’
lebih baik
’Andre Lanur mengambil bola itu.’
Kenapa?

Karena kalimat aktif akan membantu pembaca untuk membayangkan! Dan kalimat aktif akan memberikan kesan bahwa cerita tersebut bergerak maju.

4. Kalau semuanya udah selesai gimana?
EDIT LAGI! ulangi terus sampe kamu merasa tulisan tersebut sudah pas untuk anda. :)
Remember this:
” First draft ditulis hanya untuk “mengeluarkan apa yang ada di kepala”. Draft kedua ditulis untuk “memperbaiki apa yang sudah ditulis.” Dan draft ketiga untuk “membuat tulisannya bersinar”. Jangan terburu-buru dalam menulis sebuah tulisan, buatlah menjadi semenarik mungkin. ” (Raditya Dika)

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.
SEMOGA KITA SEMUA DAPAT NILAI BAGUS. LULUS UN. MASUK PTN FAVORIT. DAN SUKSES DI MASA DEPAN! AMIN.

Kalo misalnya ada adek kelas yang baca, semoga bisa bantu" buat tahun depan. dan juga semoga berguna bagi para penulis. MAJU TERUS BLOGGER YPK!

No comments:

Post a Comment