Saturday, April 13, 2013

Menulis (Raditya Dika) telah merubah Hidup saya

Saya suka menulis, semenjak baca novel komedi dari @radityadika , yang berjudul Kambing Jantan. Struktur komedi nya, membuat saya berpikir, “Kenapa saya bisa tertawa di bagian ini?”

Saya belajar menulis secara otodidak, dari membaca banyak artikel tentang menulis di internet. Salah tiga-nya, artikel dari Raditya Dika berikut ini:


*wajib baca, kalau perlu bookmark. :D

Saya mulai jatuh cinta dengan menulis, karena saya bisa mengeluarkan unek unek di dalam pikiran & hati saya, itu sangat meringankan saya yang dasarnya introvert :)

Sampai akhirnya, dari blog sederhana ini, saya membuat sebuah ebook berjudul Basketball Breaktrough dan Success with Passion.

Itu semua menjadi batu lompatan saya, di mana buku saya telah hadir di Gramedia, yang berjudul Rahasia menjadi Pribadi Dahsyat. :)

===

Kemampuan menulis ini, juga memudahkan saya dalam dunia kuliah. Loh kok bisa?

Apalagi kalau ada tugas membuat essay, atau semacamnya. Saya lebih mudah mendeskripsikan sesuatu. Saya bisa menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar, sehingga terlihat pintar, dan kadang dapet nilai bagus. Hehehe.

Dari itu semua, yang terpenting adalah, dengan menulis, kita bisa meninggalkan jejak. Sehingga ketika kita beranjak dewasa, kita bisa tersenyum melihat apa yang telah kita lewati. Walaupun kadang, justru berpikir, “Buset bego banget dulu gue ya.” Tapi itu seru nya, melihat kita bertumbuh..

===

Kalau temen temen pengen jago nulis, saran dari saya sederhana:

Mulai menulis apa saja (paling simpel, tentang kehidupan sehari hari).

Trus, tulis tanpa henti, tanpa perlu berpikir “sudah sempurna atau belum?”. 
Banyak orang stuck dalam menulis, karena menunggu kata kata yang sempurna.

Padahal (menurut saya), yang baik adalah, tulis aja dulu semuanya. Kalau sudah, baru deh kita edit, kita poles, agar semakin bersinar & enak dibaca.

Satu lagi, banyak banyak membaca tulisan karya penulis. Sehingga kita memiliki banyak referensi gaya menulis.

Sampai saat ini, saya masih jatuh cinta dengan gaya penulisannya Raditya Dika dan @windyariestanty. :)

Silahkan pelajari gaya penulisan idola Anda, di website maupun di bukunya. :) Kalau mau sharing tentang menulis lebih lanjut, bisa email ke andreasbordes(at)gmail(dot)com

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes