Thursday, April 25, 2013

Review Airborn by Pandji Pragiwaksono

Airborn? Maksudnya? Angkatan udara?

Bukaan..

Airborn adalah kelas public speaking yang dibuat oleh Pandji Pragiwaksono, untuk selengkapnya langsung klik di sini.

Saya sudah belajar dari banyak buku & seminar tentang public speaking. Tapi, di kelas Airborn, saya mendapatkan sesuatu yang baru.. Yang beda.

Biasanya di workshop public speaking biasa, materi pertama langsung masuk ke “Teknik Berbicara yang Menarik”.. dan akhirnya jatohnya ga enak. Karena 'maksa' biar menarik..

Padahal kata Pandji, yang harus kita lakukan pertama kali adalah, menerima diri dulu, menerima kelebihan dan kekurangan kita.

Dengan begitu kita bisa connect dengan orang audiens. Karena audiens akan merasakan genuine atau kejujuran kita. Kalau kita 'fake' atau berusaha jadi orang lain, audiens bisa merasakan itu, dan audiens akan merasa tidak nyaman. :)

Saya merasa, metode dan pelajaran dari Pandji, lebih membumi. Sangat mudah dipahami. Peserta bisa langsung berbicara dengan menarik, hanya dengan 3 tips dari Pandji, tentang colekan, isi, dan punchline.

Pandji juga ngajarin stand up comedy! Jarang banget workshop public speaking yang ngajarin ngelawak. :)

Workshop ini juga cenderung santai, materi dibawakan dengan fun. Karena Pandji menyelipkan bit bit stand up comedy nya. Bahkan Pandji kadang ngomong sambil bawa kopi di tangan kanannya.. Santai tapi berisi. :)

Yang paling mengharukan adalah di akhir workshop, Pandji menceritakan tentang perjuangannya dari awal karir, hingga saat ini.. Banyak perubahan dalam hidupnya, berasal dari tindakan kecil, misalnya walaupun Beliau siaran hanya 3 – 5 menit, Pandji selalu memberikan yang terbaik di setiap penampilannya.

Dari situ ada pendengar yang mulai suka, hingga akhirnya jadi penggemar setia.. Singkat cerita, dari situ Beliau dipilih menjadi pembawa acara, “Kena Deh”. Acara TV yang membuatnya dikenal banyak orang, dan mendapatkan banyak peluang.

Pesan yang saya tangkap simpel, tampil lah total dimanapun kita dapet kesempatan.
Karena hidup kita bisa berubah drastis, karena kesempatan kecil.

Always do the best.

===

Di akhir, peserta akan diberikan pin Airborn seperti ini:

Kalo diliat liat, mirip yak, gue sama Pandji. :p

Thank you Pandji! Ga sabar nunggu road show stand up nya di Surabaya!

See you next time, Pandji. :)

Follow Pandji on twitter : @pandji
Follow me on twitter@AndreasBordes