Saturday, June 15, 2013

Bayangkan Seorang Pemimpin tanpa ini

Sebelumnya, gue mau nampilin beberapa foto:

Barack Obama

Sir Alex Ferguson

Steven Gerrard

Mereka semua adalah pemimpin. Obama memimpin Amerika Serikat, Sir Alex Ferguson memimpin MU (dulu), serta Steven Gerard memimpin Liverpool..

2 kualitas pemimpin yang cukup penting adalah, seorang pemimpin harus memiliki visi dan bisa menyampaikan visinya.

Kalau pemimpin tidak memiliki visi, sama seperti seorang pilot yang ga tau mau kemana. Kan horor, naik pesawat tanpa tujuan..

Atau mungkin dalam sebuah hubungan asmara, karena cowoknya kurang bisa memimpin dengan baik. Ceweknya akhirnya bertanya, "mau dibawa kemana hubungan kita?" Kayak lagu aja ya. Hehehe

Selanjutnya, pemimpin harus bisa menyampaikan visinya. Begitu banyak orang hebat, tetapi tidak mampu berbicara depan umum, akhirnya visi atau idenya menguap begitu saja..

Bayangkan Barack Obama tidak mampu Public Speaking, apakah dia bisa menjadi presiden? Kemungkinannya kecil.

Lalu bagaimana cara belajar Public Speaking?

Ada 3 cara, yang pertama dengan otodidak. Yaitu praktek sendiri, trial and eror. Tapi kalau seperti itu, akan lama suksesnya.. Masa’ tunggu diteriakin penonton dulu baru insyaf? Hehe.

Yang kedua, adalah dengan belajar dari buku. Tapi kalau tidak dipraktekan sama saja. Sama seperti beli buku “Cara Berenang”, tapi tidak pernah praktek. Abis itu terjun ke laut, ya tenggelem Bro...

Nah yang ketiga, yaitu mengikuti pelatihan Public Speaking. Ini yang paling pas, kita akan belajar, praktek, langsung mendapatkan feedback dari fasilitator, sehingga pembelajaran akan menjadi jauh lebih efektif. Ini seperti sebuah kolam renang dengan pelatih, sebelum Anda berenang di laut. :)

Begitu banyak, kelas public speaking yang bagus. Dan saya merekomendasikan kelas Public Speaking Academy, yang diprakarsai oleh Mr Ongky Hojanto. Karena dulu saya belajar juga dari Pak Ongky, dan mendapatkan manfaat yang luar biasa.
 
Silahkan di klik, biar gede. :D

Kebetulan PSA membuka kelas short course yang akan dilakukan pada:
17-19 Juni & 24-26 Juni. Dari jam 6.30 sore sampai 9 malam. Mumpung liburaan. :D

Ada peserta yang setelah ikut kelas ini, jadi pede menjadi MC, bahkan ada yang membuat seminar kecil setelah mengikuti kelas ini. #truestory :)

Berminat join? Kelas nya kami batasi 10 orang, agar semua mendapatkan kesempatan untuk praktek. Khusus untuk Anda, akan kami berikan diskon 20%. Info selengkapnya, langsung sms aja ke 082157587024 . :)

Semoga bermanfaat! Salam Dahsyat!

Follow me on twitter@AndreasBordes