Tuesday, December 13, 2011

Mengurangi

Banyak orang menginginkan lebih, lebih kaya, lebih sukses, lebih bahagia, dan lebih lebih lainnya. Mereka pun mulai menambah jam kerja mereka, yang biasanya dari jam 7 pagi – jam 5 sore, sekarang menjadi dari jam 7 pagi – jam 9 malam.

Tapi sekarang pertanyaannya, apakah hal tersebut efektif? Tidak. Banyak orang (termasuk saya), dengan menambah jam kerja, saya pikir akan menjadi jauh lebih produktif. Ternyata tidak.

Kok bisa seperti itu? Apa yang terjadi?

Itu karena kita hanya fokus menambah, menambah, dan menambah saja. Kita fokus menambah pekerjaan kita, menambah to do list kita, dan begitu banyak hal yang kita tambahkan dalam hidup.

Tapi ada satu yang kita lupa. Yaitu mengurangi. Jika kita mau mendapatkan lebih, kita juga harus mengurangi. Mengurangi hal hal yang kurang penting.Kita bisa mengurangi jam bermain kita, mengurangi jam nonton tivi kita.

Saya pun juga melakukan demikian, setiap hari, saya hanya membuat 3 hal yang paling penting dilakukan.

1. Belajar saham
2. Nge blog*
3. Persiapan Seminar

*karena sedang libur kuliah, belajar untuk kuliah, saya ganti nge blog. Kenapa saya suka nge blog? Karena lewat blog, saya bisa berbagi dengan begituu banyak orang. :)

Iya, udah segitu aja. Ga pake bertele tele, sampai punya to do list sampe puluhan nomer. Saya hanya punya 3, tapi itu hal hal yang paling penting. Dan itu justru membuat saya jauh lebih produktif dan efektif.

Lalu, apakah Anda ingin merasa hidup Anda lebih teratur? Coba deh, terapkan prinsip ‘mengurangi’ ini untuk kamar Anda. Bersihkan kamar Anda dari barang barang yang tidak terlalu penting, dan rapikan. Secara tidak langsung, akan membuat pikiran kita menjadi jauh lebih ‘rapi’ dan damai. Karena pikiran kita biasanya 'ruwet', karena lingkungan kita 'ruwet'.

Ketika kita mencoba ‘merapikan’ dunia luar kita, itu akan mempengaruhi dunia dalam kita. Pikiran kita akan tertata rapi, dan bisa berpikir jernih.

Ini adalah contoh meja kerja saya:


Ayo mulai sekarang, dibiasakan mengurangi hal hal yang kurang penting yuk? Pasti bermanfaat. :)

Semoga menginspirasi! Salam DAHSYAT!

Twitter: @AndreasBordes
Website: www.motivasidahsyat.com

No comments:

Post a Comment