Thursday, December 15, 2011

Tidak Buat Rencana = Merencanakan Gagal

Hari ini saya belajar satu hal, ketika kita tidak membuat rencana, kita merencanakan untuk gagal.

Bayangkan jika kita membangun rumah. Kita menyusun batu bata, mengecat, lalu memasang pintu dan jendela. Tanpa merencanakannya dahulu, tanpa thau kita ingin membuat rumah tersebut seperti apa. Apa jadinya rumah tersebut? Pasti berantakan sekali, bahkan jangan jangan kita lupa membuat toilet di rumah tersebut. Hehe.

Seperti itu juga hidup kita. Bagaimana jadinya kehidupan kita, jika kita tidak menyusun rencana, menjadi apa kah kita nanti kalau sudah besar. Jika kita tidak memiliki rencana, kita hanya akan melakukan hal hal yang kita senangi saja, misalnya bermain game atau tidur tiduran sepanjang hari.

Sampai suatu titik, kita baru sadar, kita telah menghabiskan banyak waktu untuk hal yang tidak jelas gunanya.

Coba sekarang di balik, bayangkan kalau kita telah memiliki rencana dalam hidup ini. Kita pasti akan melakukan tindakan tindakan yang mengarah kepada impian atau rencana kita tersebut. Kita tidak membuang energi, waktu, dan tenaga secara percuma.

===

Saya pernah dalam suatu Minggu tidak memiliki rencana apa apa. Tau sendiri apa yang terjadi, saya menghabiskan begituu banyak waktu di kasur, bermalas malasan.

Setelah sadar waktu saya terbuang dengan percuma, saya mulai menyusun rencana. Agar apa yang saya lakukan, selalu mengarah menuju impian saya. Saya kapok menghabiskan hari atau minggu saya dengan sia sia.

Karena pengalaman itu, mulai detik ini saya berkomitmen untuk selalu membuat plan, untuk hari ini, minggu ini, bulan ini, bulan depan, tahun depan dan seterusnya. Agar waktu saya, terpakai dengan maksimal. Karena waktu tidak akan pernah bisa berputar kembali. Right?

Ini sedikit schedule bulanan di dalam kamar saya:


Let’s do something useful! And reach your dreams!
Twitter: @AndreasBordes
Website: www.motivasidahsyat.com

No comments:

Post a Comment